Sabtu, 15 Desember 2012

DEKONSTRUKSI SEJARAH TRAGEDI G30S


Judul Buku      : Bunga Tabur Terakhir
Penulis            : GM. Sudarta
Penerbit          : Galangpress
Tahun Terbit   : 2011
Tebal               : 156 halaman

Ingatan pada peristiwa Gerakan 30 September 1965 (G30S) terlampau memilukan, tragis, dan bahkan bengis. Syahawat kekuasaan membutakan segalanya. Politisasi fakta, memutarbalikkan sejarah, fitnah adalah kekejaman mewarnai kisah sejarah pilu G30S. Tak sampai disitu, kudeta merangkak/pengambilalihan kekuasaan, harus ditebus dengan darah dan air mata. Sejarah mencatat, sedikitnya 500.000 orang terlibat PKI atau mereka dituduh berideologi, simpatisan “partai terlarang” itu dibantai tanpa rasa kemanusiaan.

Dahsyatnya tragedi itu telah membekas dalam hati maupun pikiran mereka yang terlibat atau dicitrakan PKI. Pasalnya, meski telah lama berlalu tapi trauma dari peristiwa tersebut masih terasa hingga kini. Mereka yang distigmatisasi PKI dengan cara paksa harus menanggung derita berkepanjangan hingga turun-temurun bahkan sampai saat ini.
Akibat rekayasa sejarah baik dalam bentuk pendidikan sejarah, film, buku, dan lainnya—politisasi sejarah PKI yang dalangnya konon dilakukan Soeharto dan kroninya, membuat mereka (baca: hal-hal berbau PKI) terasing di negeri sendiri. Mereka diperlakukan tak adil, hilangannya identitas individu-sosial-kultural, hak-hak sebagai warga negara diabaikan—ironinya pengebirian itu hingga di era demokrasi ini belum pula lepas dari jeratan manipulasi sejarah rezim masa lalu.
Buku ini hadir untuk menggugat sejarah yang dipelintir itu. Artinya, PKI atau mereka yang dekat dengan ideologi, simbol, atribut “partai terlarang” tersebut bukan dalang/aktor utama penculikan dan pembunuhan enam jenderal, sebagaimana pelajaran sejarah 1965 yang selama ini diterima mainstream. Dengan bahasa lain, peristiwa kelam dalam sejarah modern bangsa Indonesia itu dipenuhi bias politik.
Kritik terhadap rekayasa sejarah PKI itu dilukiskan secara mendalam di buku GM. Sudarta. Kebiadaban sejarah masa lampu dihadirkan sang karikaturis itu dengan sangat apik, detail, apa adanya dalam buku ini. Tak ayal, membaca buku ini imajinasi pembaca seakan dibawa pada masa lalu yang begitu mengerikan, seolah merasakan langsung derita korban G30S.
Penulis buku menyajikan kisah-kisah pilu itu ke dalam 10 cerpen yang ia racik. Berangkat dari pengalaman pribadi, investigasi terhadap korban politisasi sejarah PKI, buku ini terasa begitu hidup lewat penggambaran tokoh, cerita, setting kisah, maupun alur cerpen. Kekerasan terhadap mereka yang dituduh terlibat PKI dilukiskan dalam kisah Sum, gadis kampung yang menjadi korban fitnah sejarah oleh sang Lurah biadab.
Demikian pula dalam cerpen bertajuk Yomodipati yang berarti Dewa Pencabut Nyawa. Melalui cerpen ini, kekejaman masa lalu itu dihadirkan. Mulai dari politisasi citra, mereka dituduh PKI padahal mereka tak bersentuhan dengan ideologi komunis, penangkapan/penculikan sampai kekerasan yang berujung pada kematian korban sejarah PKI—dikisahkan dengan penghayatan mendalam.
Begitulah sejarah G30S yang diliputi manipulasi, rekayasa dan juga politisasi. Sejarah kelabu bangsa meminjam istilah filsuf Jacques Prancis Derrida yang harus didekonstruksi. Pemutarbalikkan sejarah PKI mesti diluruskan dengan objektifitas sejarah. Tujuannya, agar kita bijak memandang sejarah kelam itu. Semoga! 

2 komentar:

  1. http://nalurerenewws.blogspot.com/2018/07/taipanqq-pernikahan-membuat-kesehatan.html

    Taipanbiru
    TAIPANBIRU . COM | QQTAIPAN .NET | ASIATAIPAN . COM |
    -KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
    Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda ! Segera Daftarkan User ID terbaik nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    1 user ID sudah bisa bermain 8 Permainan.
    BandarQ
    AduQ
    Capsasusun
    Domino99
    Poker
    BandarPoker
    Sakong
    Bandar66

    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
    • WA: +62 813 8217 0873
    • BB : E314EED5

    Daftar taipanqq

    Taipanqq

    taipanqq.com

    Agen BandarQ

    Kartu Online

    Taipan1945

    Judi Online

    AgenSakong

    BalasHapus
  2. Slot Machines at SlotsMate
    You may 토토 배당 also like: SlotsMate. Slots.lv is a gaming platform that has been operating since 2003. 로투스바카라작업 It's licensed 바카라 사이트 총판 in Malta and Malta.Slot Name: Slot MachineGames 바인드 토토 offered: Slots, Table Games, Bingo, Roulette 라이브 바카라

    BalasHapus